8 Cara Reset Hidup di Tahun Baru

January 01, 2022

Tahun baru saatnya reset hidup kamu atau dikenal juga dengan reset your life. Apakah kamu hingga hari ini belum mendapat pekerjaan? Tidak memiliki bisnis apapun atau punya bisnis tapi tidak berkembang? Belum memiliki pasangan? Sementara itu di sisi lain, teman-temanmu sudah memiliki salah satunya, atau bahkan semuanya? Dan mereka sukses di bidang yang mereka cita-citakan dengan sederet pencapaian yang tak berbatas.

Tidak dapat dipungkiri, salah satu fase krisis di dalam kehidupan adalah ketika seseorang berada di umur 25-30 tahun. Fase ketika semua permasalahan di atas mulai menghantui. Selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu. Saya pernah mengalaminya, memerlukan reset hidup tentu. Jika tidak, buat apa saya menulis ini? Anyone with me now?

Inilah kesempatan yang baik untuk berhenti sejenak, merenung dan menenangkan diri sendiri. Lakukan beberapa hal positif ini (menurut pengalaman saya) untuk memulai langkah baru, yang harapannya tentu menjadi lebih baik lagi.


1. Know Yourself and Give Compliments

Photo by Gustavo Lanes on Unsplash

Mengenali diri sendiri dengan lebih baik adalah salah satu langkah penting agar kamu tidak lagi bermusuhan dengan diri sendiri. Ketahui apa kelebihan yang kamu punya, termasuk kekurangannya. Ini adalah modal yang penting untuk langkahmu selanjutnya karena akan lebih banyak lagi pencapaian yang kamu dapatkan.

Berbicara tentang pencapaian, ketika kamu mendapat pujian dari teman atau orang lain, tentu kamu merasa senang kan? Nah, apa salahnya untuk memuji dan menyenangkan dirimu sendiri? Teman yang paling baik dan setia buat kamu hingga akhir nanti tentu saja dirimu sendiri. 

Di balik beberapa kegagalan yang kamu lakukan, pasti ada sederet pencapaian yang telah kamu raih. Fokus saja pada kelebihan dan pencapaian yang kamu miliki.


2. Stop Social Media

Sosial media pertama yang saya non-aktifkan adalah pinterest. Awalnya karena saya merasa iri dengan pencapaian orang-orang yang ada di sekitar saya. Ada kalanya orang yang paling dekatlah yang paling banyak menyita perhatian dan pikiran kita. Hingga pada akhirnya, hal yang paling gawat adalah ketika kita tak bisa berhenti membandingkan pencapaian diri dengan orang lain, bahkan secara lebih luas membandingkan kehidupan kita dengan mereka.

Padahal siapa yang tahu di balik foto itu ada usaha dan pengorbanan yang tak kalah besarnya bukan? Tapi untuk kesehatan mental dan permulaan hidup yang baru, saya sarankan untuk menghapus atau non-aktifkan sementara sosial media yang kamu punya.

Selain pinterest, saya juga sudah menghapus akun facebook. Sebenarnya ingin menghapus instagram juga sih, tapi masih ada bisnis online yang butuh instagram, jadi urung. Kalau instagram pribadi sih memang lebih banyak offnya.


3. Reset Hidup dengan Move On


Dengan menon-aktifkan sosial media dan mengenali diri sendiri, maka kamu akan selangkah lebih maju untuk mengetahui apa yang kamu butuhkan dan inginkan. Salah satunya adalah cut toxic people. Leaving behind people, things, and places that aren’t right for you, including bad vibes. Bukan berarti kamu harus putus komunikasi juga, tapi lebih pada prioritas.

Tentu kamu tidak ingin sebagian besar waktu yang kamu miliki digunakan untuk menanggapi hal-hal sepele yang tidak terlalu berguna kan? Setiap orang memiliki prioritas dan cara masing-masing untuk refreshing. Tapi bukan berarti kamu harus ikut melakukan hal itu ketika teman-teman di kelompokmu sebagian besar melakukannya.

Temukan caramu sendiri, move on dari segala sesuatu yang membuatmu mundur teratur. Temukan hal baru dan komunitas lain yang memang sejalan dengan tujuanmu dan dapat membuatmu maju selangkah demi selangkah.


4. Get Healthy, Mentally and Physically

Untuk kesehatan mental, menon-aktifkan sosial media sementara memang cukup membantu. Sementara untuk kesehatan fisik, langkah yang paling mudah adalah dengan menerapkan jam tidur yang lebih teratur dan berkualitas. Jika memang tidak memungkinkan untuk tidur 8 jam per hari, usahakan saja agar tidur kamu lebih berkualitas. Caranya adalah dengan tidak membawa ponsel ketika akan tidur. Daripada waktu habis untuk scrolling, lebih baik tidur di ruang berbeda dengan ponselmu!

Ketika kamu merasa kesulitan untuk mengatur kesehatan fisik dan mental, boleh saja untuk mencari bantuan jika memang membutuhkan. Both for work and personal life. Cari ahli terapi, psikolog atau hanya teman untuk berbincang dan berkeluh kesah. Jangan simpan masalah sendiri, karena hanya akan menambah masalah baru, terutama untuk kesehatan mentalmu.


5. Make Your Bedroom

Always making your bed adalah salah satu hal yang paling sederhana tapi besar manfaatnya. It simple, sure, but it works. Jadikan ini sebagai salah satu kebiasaan sehat di pagi hari. Selain itu lakukan deep cleaning untuk kamar, ruang kerja, termasuk mobil dan semua yang kamu punya.

Merapikan kamar, terutama, adalah kesempatan untuk merefresh lingkungan yang paling dekat denganmu dan membuatmu menjadi lebih produktif.


6. Decluttering Wardrobe

Membereskan lemari baju, termasuk sepatu dan aksesoris lain juga membantu merefresh pikiran dan suasana. Untuk para Ladies, membereskan make up yang dipunyai juga termasuk salah satunya. Perhatikan dengan seksama untuk barang-barang yang kamu miliki namun amat sangat jarang dipakai.

Sejak membaca buku Konmari, saya sendiri sudah mulai menerapkan metode yang disarankan. Memang tidak secara keseluruhan, namun sebagian besar. Terutama untuk baju yang “akan dipakai nanti” atau beberapa yang punya nilai melankolis sudah berhasil saya singkirkan. 

Memang terkadang sulit, tapi kamu pun bisa melakukannya secara bertahap. Pikirkan saja bagaimana kamu akan dapat membantu orang lain dengan baju yang tidak pernah kamu pakai namun amat dibutuhkan oleh mereka.


7. Decluttering To-Do-List


Tak hanya merapikan baju, merapikan to-do-list pun akan dapat membantu kamu untuk mengurangi perhatian pada hal-hal yang kurang menarik minatmu. Ada kan to-do-list yang selalu masuk dalam daftar tapi tidak pernah tercentang? Lalu, mengapa ditulis kalau tidak pernah dilakukan? 

Ada baiknya untuk menghapus saja daftar itu dan menggantinya dengan hal lain yang memang lebih penting, mendesak atau sesuai minatmu. Dengan begitu kamu lebih produktif lagi. You can also use the new planner to get new energy. Start with making a list of goals by year, month, week, including finances and saving goals.


8. Digital Reset

Merasa kewalahan melihat begitu banyak folder berbagai nama di komputer, laptop atau bahkan ponselmu? Kamu tidak sendiri teman. Salah satu cara untuk melakukan reset hidup adalah dengan mereset gadget yang kamu punya. 

Tak hanya pekerjaan, kadang folder hobi seperti film pun perlu dipilah lagi. Bukan hanya saya sepertinya yang punya folder “tabungan film” dari 5 tahun lalu yang didapat dari teman, tapi belum pernah saya tonton sama sekali. Jika tidak menarik minat, apa salahnya untuk dihapus?

Tak hanya gadget, email pun juga perlu dirapikan. Salah satunya adalah dengan bring your inbox to zero. Unsubscribe channel atau page yang sudah tidak lagi menarik minat kamu agar email mereka tidak membuat inbox penuh.


Dengan berpikir tenang, maka kemungkinan untuk merancang kehidupan di masa depan akan lebih baik. Berhenti sejenak dengan mencoba reset hidup dan menatanya kembali dapat menjadi batu loncatan perjalanan selanjutnya yang lebih menyenangkan.


Semoga bermanfaat. Terima kasih, stay happy & healthy!

You Might Also Like

0 comments

About Me

akkarsehat adalah blog yang membahas kesehatan, kecantikan dan aktualisasi diri.

Like us on Facebook